Pages

Selasa, 06 November 2012

GENERASI MUDA HARUS BISA MANDIRI!!

Kita harus bisa hidup mandiri! Kira-kira seperti itulah kata-kata yang sejak masih kecil sudah biasa kita dengar dari para orang tua kita, apakah Anda juga begitu? Karena memang sudah jelas sekali banyak manfaat yang akan kita peroleh jika kita bisa hidup mandiri, selain bisa membuat diri kita bisa menghidupi diri sendiri, dengan kita hidup mandiri juga bisa membuat diri kita lebih bertanggung jawab terhadap kehidupan yang sedang kita jalani.
Generasi Muda Belajar Hidup Mandiri
Sebagai generasi muda sudah sapantasnya kita untuk bisa hidup mandiri, karena jika tidak maka akan ada banyak masalah dalam hidup kita. Tidak hanya masalah tentang fisik, tapi pikiran kita juga tidak akan pernah bisa untuk menjadi lebih baik. Kalau kita bisa hidup mandiri maka akan ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, selain dari segi fisik dan pikiran tapi martabat kita sebagai generasi muda akan ikut terangkat.
Tingkatan hidup mandiri bagi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang bisa dikatakan sudah mandiri jika sudah bisa menghidupi diri-sendiri, ada juga yang hidup mandiri bisa dikatakan kalau sudah bisa bermanfaat untuk orang lain. Meski begitu, yang jelas hidup mandiri adalah hal yang mengenai bagaimana cara kita menjalani kehidupan ini tanpa mengharapkan bantuan dari orang lain.
Orang yang punya gaya hidup mandiri biasanya dia lebih bertanggung jawab terhadap kehidupan yang sedang dijalani dan juga masa depan yang akan dia wujudkan. Kita bisa melihat orang-orang yang semacam ini dari bagaimana cara dia menjalani kehidupannya, apakah penuh keluh kesah dan tidak ada aktifitas yang bermanfaat? Atau kah kehidupannya ia lalui dengan penuh semangat dengan mengisi hari-harinya dengan berbagai aktifitas yang bisa menghasilkan sesuatu.
Kalau saya sendiri sebenarnya tidak tahu apakah sudah bisa hidup mandiri atau belum, secara terkadang masih ada masalah yang membuat saya membutuhkan bantuan dari orang lain. Saya memang terkadang dibantu orang lain, tapi setelah itu saya mencoba untuk menyelesaikan masalah saya sendiri.
Bagi saya bantuan dari orang lain hanya sekedar sebagai tempat bertanya petunjuk arah yang harus saya lalui untuk menyelesaikan masalah tersebut, saya tidak akan meminta seseorang untuk menuntun saya sampai di tempat tujuan, karena kalau begitu itu sama saja saya meminta kunci jawaban dari suatu persoalan.
Untuk bisa hidup mandiri tidak selamanya harus mengerjakan semua hal secara sendiri, tapi untuk bisa hidup mandiri adalah dengan menyelesaikan semua hal yang setara dengan kemampuan kita. Kalau misalnya saya yang terbiasa bekerja di depan laptop ini diharuskan mengerjakan urusan peternakan, tentu saja saya akan kesulitan dan ada kemungkinan saya akan meminta bantuan dengan yang lebih ahli di bidang peternakan, secara saya tidak tahu-menahu masalah peternakan tersebut.
Jadi kira-kira kesimpulan apa yang bisa kita ambil dari hidup mandiri ini? Sebagai generasi muda kita harus bisa hidup mandiri, mengatasi suatu masalah secara sendiri kalau memang setara dengan kemampuan kita. Kalau pun masalah tersebut di luar kemampuan kita, maka kita bisa meminta bantuan kepada orang lain. Tapi dengan catatan, bantuan di sini hanya sebatas untuk menunjukkan arah tapi juga bukan berarti harus menuntun. Kira-kira seperti itu kesempulan dari saya. Ada yang mau menambahkan? :)
NB: Anda suka dengan artikel Generasi Muda Harus Bisa Hidup Mandiri! tersebut? Kalau suka, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda menggunakan berbagai fasilitas berikut ini:
 



Tulisan Terkait:
  1. Masa Depan Generasi Muda Harus Lebih Baik!
  2. Generasi Muda yang Suka Menunda, Harus Dibuang!
  3. Generasi Muda Harus Punya Solusi Untuk Pembangunan!

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com